Sebuah dokumen Pensil diatur berlapis-lapis. Saat ini ada
empat jenis lapisan: gambar bitmap, suara dan kamera. Jendela Time Line di
bagian bawah layar menunjukkan lapisan yang ada. Secara default, dokumen baru
berisi lapisan bitmap dan lapisan vektor di atasnya, tetapi Anda dapat menambah
dan menghapus lapisan seperti yang anda inginkan (baik menggunakan tombol atau
di samping "Layers", atau menu Layer).
Menu layer
Nama-nama lapisan dapat diubah untuk mewakili apa yang telah
Anda masukkan ke dalam masing-masing dengan mengklik dua kali pada nama layer
pada timeline. Sebuah jendela akan muncul, memungkinkan Anda untuk mengedit
nama layer. Klik OK bila Anda telah berubah ke nama yang Anda inginkan dan nama
baru akan muncul di timeline.
Setiap lapisan memiliki track yang memungkinkan Anda untuk
mengubah sebagai fungsi waktu. Hal ini dilakukan dengan memasukkan kunci
(persegi panjang abu-abu kecil) pada frame tertentu dalam trek. Setiap tombol
berisi informasi tentang apa lapisan harus menunjukkan atau berproduksi pada
frame mana kuncinya berada. Untuk menambah atau menghapus tombol pada frame
tertentu dalam lapisan track, gunakan tombol atau samping
"Keys" (shortcut: ketik "kembali" untuk
membuat bingkai baru). Untuk lapisan gambar (yaitu bitmap dan vektor), setiap
tombol sesuai dengan gambar yang berbeda. Urutan gambar-gambar ini menciptakan
animasi. Frame ditunjukkan oleh bar merah dan dapat diubah dengan memindahkan
bar merah untuk menggosok melalui animasi Anda (atau menggunakan panah kiri dan
kanan). Untuk memainkan animasi, gunakan kontrol di garis waktu. Perhatikan
bahwa Anda dapat loop animasi, serta mengatur jumlah frame per detik. (Catatan,
Anda dapat loop dan mengubah frame rate dari animasi sementara animasi diputar,
ini sangat bagus dalam hal frame rate untuk menemukan kecepatan terbaik dari
animasi Anda).
Untuk memilih layer yang ingin Anda edit, klik saja dalam
daftar lapisan (atau gunakan panah atas dan bawah). Anda dapat mengubah urutan
lapisan dengan menyeret nama mereka. Urutan mempengaruhi cara lapisan gambar
yang ditampilkan di atas satu sama lain, hal itu tidak mempengaruhi suara dan
kamera lapisan. Sifat lapisan, seperti nama mereka, dapat diubah dengan
mengklik dua kali pada nama (lihat di atas). Lapisan dapat diaktifkan atau
dinonaktifkan dengan mengklik lingkaran di bagian paling kiri icon mereka.
Sebuah layer gambar dinonaktifkan tersembunyi dari tampilan kanvas.
Jika lapisan yang sedang dipilih adalah layer gambar, yang
terlihat dalam tampilan kanvas di opacity penuh. Secara default, lapisan gambar
lainnya adalah semi-transparan, untuk membantu Anda berfokus pada lapisan yang
dipilih. Namun, jika Anda ingin melihat semua lapisan gambar pada opacity penuh
(karena mereka akan muncul dalam rendering akhir), tekan lingkaran di atas
semua lapisan untuk mengubahnya hitam. Jika sebaliknya, Anda ingin
berkonsentrasi pada lapisan yang dipilih dan menyembunyikan semua lapisan
lainnya, tekan lagi lingkaran untuk mengubahnya kosong.
Hal pertama yang Anda mungkin ingin lakukan untuk dengan
Pensil adalah menggambar. Bahkan, mengabaikan trek dan kontrol animasi dalam
garis waktu (yang dapat semua disembunyikan dengan menyeret pemisah vertikal di
garis waktu), seseorang dapat menggunakan Pensil sebagai program menggambar.
Menggunakan alat gambar standar (pena, pensil, kuas, ember cat ...), Anda dapat
menarik gambar di salah satu lapisan gambar. Secara default, lapisan pertama
yang dipilih dalam dokumen baru adalah lapisan gambar bitmap. Perhatikan bahwa
Anda dapat menarik mana saja di dalam jendela utama: itu adalah sebuah kanvas
dengan ruang terbatas.
Bitmap
drawing
Alat gambar berperilaku lebih atau kurang seperti yang
diharapkan. Ukuran, warna, dll, dari masing-masing alat dapat ditentukan dalam
palet Options. Jika stilet tablet yang digunakan (yang direkomendasikan!),
Tekanan digunakan untuk mempengaruhi lebar dan / atau opacity dari alat yang
dipilih. Jika Anda tidak memiliki stilet (tapi hanya mouse), mungkin akan lebih
mudah untuk menggambar dengan alat polyline dari alat-alat pensil atau pena.
Cukup klik titik yang berbeda pada kanvas, dan kurva mulus melalui titik-titik
ini dibuat. Setelah selesai, klik dua kali pada titik terakhir (atau tekan
pulang). Jika Anda hanya ingin menarik garis lurus, klik untuk menentukan titik
awal dan klik dua kali untuk menentukan titik akhir.
Sket
Sebuah tool intented untuk melakukan sketsa tersebut. Ia
tidak punya pilihan bulu. Jika Ukuran dengan tekanan diaktifkan, tekanan pena
akan menyesuaikan opacity dari stroke:
Coloring
tool
Sebuah bitmap hanya alat, dimaksudkan untuk menciptakan gaya
airbrush stroke. Bulu-bulu dapat disesuaikan, sehingga juga memungkinkan untuk
membuat pukulan keras bermata dengan menetapkan bulu-bulu untuk sesuatu seperti
3.0. (Jangan set ke nol, karena Anda ingin beberapa antialias.) Stop pada
kontur tanda centang akan membiarkan Anda cat pada lapisan di bawah lapisan
yang sedang dipilih. (Harap dicatat bahwa lapisan bawah diposisikan di atas
lapisan Anda saat ini dalam Pensil Time Line) Jika Ukuran dengan tekanan
diaktifkan, ukuran stroke dikendalikan oleh tekanan pena:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar